laporan komputer MS.word



Laporan praktikum pengantar komputer
MODUL1
MICROSOFT WORD

Disusun oleh :
Nama : Mia Amelia
    NPM : 13040005
          Dosen : Budi J.P., S.Si., M.T.
  Asisten : Fajar P. D.
Di setujui, ........../...../............

   (Fajar P.D)
   11010038





( Asisten)
NPM
 
        Group : 1G4




          


LABOLATORIUM KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TEKSTIL
BANDUNG
2014

PERNYATAAN

            Dengan ini kami menyatakan bahwa Laporan Praktikum Pengantar Komputer Modul 1 Microsoft Word  beserta isinya adalah benar-benar karya saya dan saya tidak melakukan penjiplakan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat ilmiah.
            Atas pernyataan ini, kami siap menanggung risiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam laporan ini, atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian laporan kami ini.
Bandung, 23 Maret 2014
Yang membuat pernyataan,


        Mia Amelia












DAFTAR ISI
PERNYATAAN…..……………………………………………………………………………………1
DAFTAR ISI……………...……………….……………………………………………………………2




Praktikum merupakan salah satu proses pembelajaran dimana setiap orang yang mempelajarinya mengetahui dasar teori dari praktikum. Dalam penerapannya praktikum merupakan pembuktian dari dasar teori yang menjadi dasar utama dari praktikum.


Pembelajaran praktikum pengantar komputer bertujuan agar para pelajarnya lebih mengetahui dan menguasai materi yang diajarkan. Dalam pengguanaan sebagai sarana penunjang bagi para pengguna Microsoft Word diharapkan agar pengguna dapat lebih mudah dalam menjalankannya. Tak hanya itu, para pengguna pun diharapkan lebih mengetahui fungsi serta kegunaan icon-icon yang ada dalam Microsoft Word.


Asal dan pertumbuhan Microsoft dimulai pada tahun 1981-1995. Pada tahun 1981, Microsoft menyewa Charles Simonyi , pengembang utama dari Bravo , yang pertama GUI pengolah kata, yang dikembangkan di Xerox PARC . Simonyi mulai bekerja pada sebuah pengolah kata disebut Multi-Tool Word dan segera menyewa Richard Brodie , seorang mantan Xerox magang, yang menjadi insinyur perangkat lunak utama. Pada tahun 1983, namanya segera disederhanakan untuk Microsoft Word. Salinan demonstrasi Gratis dari aplikasi yang dibundel dengan edisi November 1983 PC World , sehingga program pertama untuk didistribusikan on-disk dengan majalah . Tidak seperti kebanyakan program MS-DOS pada waktu itu, Microsoft Word dirancang untuk digunakan dengan mouse, dan itu dapat menampilkan beberapa format, seperti tebal, miring, dan menggarisbawahi teks, meskipun tidak bisa membuat font . Pada awalnya tidak populer, karena antarmuka pengguna berbeda dengan pengolah kata terkemuka pada waktu itu, WordStar . Namun, Microsoft terus meningkatkan produk, merilis versi 2.0 melalui 5.0 selama enam tahun ke depan.Microsoft Word 5.1 untuk Mac OS.

            Pada tahun 1985, Microsoft porting Word ke Macintosh . Ini dibuat lebih mudah oleh fakta bahwa Word untuk DOS telah dirancang untuk digunakan dengan menampilkan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun tidak ada yang belum tersedia untuk masyarakat umum. Setelah presiden dari LisaWrite dan MacWrite, Word untuk Mac tambah benar WYSIWYG fitur. Setelah rilis, Word untuk penjualan Mac lebih tinggi dari MS-DOS rekan untuk setidaknya empat tahun.

            Rilis kedua Word untuk Macintosh, dikirim pada tahun 1987, bernama word 3.0 untuk menyinkronkan nomor versi dengan Word untuk DOS, ini adalah usaha pertama Microsoft untuk menyinkronkan nomor versi di seluruh platform. word 3.0 termasuk perangkat tambahan internal yang banyak dan fitur baru, termasuk implementasi pertama dari Rich Text Format(RTF) spesifikasi, tapi terganggu dengan bug. Dalam beberapa bulan word 3.0 digantikan oleh Word, lebih stabil 3,01 yang dikirimkan bebas untuk semua pengguna terdaftar dari 3.0. Setelah MacWrite , Word untuk Mac tidak pernah memiliki saingan serius pada Mac. word 5.1 untuk Macintosh, dirilis pada tahun 1992, sangat populer pengolah kata karena keanggunan, relatif mudah penggunaan dan set fitur. Banyak pengguna mengatakan versi yang terbaik dari Word untuk Mac yang pernah dibuat. Pada tahun 1986, kesepakatan antara Atari dan Microsoft membawa Word ke Atari ST dengan nama Microsoft Write.

            Versi pertama dari Word untuk Windows dirilis pada tahun 1989. Dengan rilis Windows 3.0 pada tahun berikutnya, penjualan mulai meningkat dan Microsoft segera menjadi pemimpin pasar untuk pengolah kata untuk IBM PC yang kompatibel dengan komputer.

            Pada tahun 1991, Microsoft Word untuk memanfaatkan popularitas Windows meningkat dengan merilis sebuah versi Word untuk DOS, versi 5.5, yang menggantikan antarmuka pengguna yang unik dengan tampilan yang mirip dengan aplikasi Windows. Ketika Microsoft menjadi sadar akan masalah tahun 2000 , itu membuat Microsoft Word 5.5 untuk DOS di-download gratis. Pada Februari 2012, masih tersedia untuk diunduh dari situs web Microsoft.

            Pada tahun 1991, Microsoft memulai sebuah proyek yang diberi nama kode Piramida untuk menulis ulang sepenuhnya Microsoft Word dari bawah ke atas.
Baik Windows dan versi Mac akan mulai dari dasar kode yang sama. Hal itu ditinggalkan saat dipastikan bahwa dibutuhkan tim pengembangan terlalu lama untuk menulis ulang dan kemudian mengejar ketinggalan dengan semua kemampuan baru yang bisa ditambahkan dalam waktu yang sama tanpa penulisan ulang. Sebaliknya, versi-versi selanjutnya dari Word untuk Windows dan Mac, dijuluki versi 6.0, baik dimulai dari basis kode dari Word untuk Windows 2.0.

            Dengan rilis Word 6.0 pada tahun 1993, Microsoft kembali mencoba untuk menyinkronkan nomor versi dan mengkoordinasikan penamaan produk di seluruh platform, kali ini di DOS, Macintosh, dan Windows (ini adalah versi terakhir dari Word untuk DOS). Memperkenalkan AutoCorrect, yang secara otomatis tetap kesalahan pengetikan tertentu, dan AutoFormat, yang bisa memformat banyak bagian dokumen sekaligus. Sementara versi Windows mendapat ulasan yang menguntungkan (misalnya, ), versi Macintosh secara luas diejek. Banyak menuduh itu menjadi lambat, canggung dan memori yang intensif, dan user interface yang berbeda secara signifikan dari Word 5.1. Dalam menanggapi permintaan pengguna, Microsoft terpaksa menawarkan word 5 lagi, setelah itu telah dihentikan.
Selanjutnya versi Word untuk Macintosh tidak lagi versi porting dari Word untuk Windows.

Microsoft Word awal Tahun 1990-an
            Pada akhir dekade 80-an, versi grafis pertama dari Microsoft Word dirilis untuk Windows 3.0 sekaligus sebagai pembuka babak baru era perangkat lunak pengolahan kata. Waktu itu harganya cukup mahal sekitar $ 500, Versi ini jauh lebih mudah dioperasikan oleh pengguna. Hal ini membuat produk ini bisa merajai pasar dan mengalahkan pesaing utama mereke yaitu corel wordPerfect. Hal ini juga tidak lepas dari kegagalan corel merilis corelwordperfect untuk windows.pada tahun 1993, Word 6.0 dirilis untuk Windows dan berhasil memukul pasar. Perusahaan memilih penomoran secara urut dengan Word 6.0 sehingga akan cocok dengan urutan penomoran dari versi DOS asli. Pada tahun 1995, Microsoft menciptakan Office suite yang di dalamnya termasuk word 7.0 yang kemudian berganti nama menjadi Word 95. Dimulailah tren penamaan perangkat lunak yang awalnya menggunakan angka untuk penamaan versinya menjadi menggunakan tahun. Seperti Word 97 dan Word 2000 yang dirilis pada tahun 1997 dan 1999. Ms Word 97 dan 2000 seolah menjadi bukti kesuksesan microsoft dalam bisnis perangkar lunak pengolah kata. Pada saat itu ia tidak memiliki pesaing yang signifikan.

Microsoft Word pada Tahun 2000-an
            Sejak awal abad ke-21, aplikasi Microsoft Word telah ditingkatkan dan dirilis dalam empat versi: Word 2002 - juga dikenal sebagai Word XP karena label Office XP - Word 2003, Word 2007 dan Word 2010.
Dengan diperkenalkannya Word 2007, program ini menerima facelift besar yang benar-benar mengubah user interface. Beberapa aplikasi canggih juga mulai muncul dengan Word 2007, termasuk Extensible Markup Language (XML) kemampuan mengedit dan tata bahasa dan periksa ejaan dalam bahasa asing.

Microsoft Word pada Tahun 2010
            Dirilis pada tahun 2009, Microsoft Word 2010 hadir dengan berbagai upgrade, seperti efek teks, kemampuan kolaborasi dan alat navigasi ditingkatkan. Word 2010 memungkinkan pengguna untuk membuat eye-catching konten teks melalui beberapa efek, termasuk gradien mengisi dan refleksi. Perangkat lunak ini adalah adalah perangkat lunak pertama yang memungkinkan pengguna untuk secara bersamaan mengakses, menulis dan mengedit dokumen yang sama dari berbagai lokasi. Word 2010 juga memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menelusuri isi dokumen itu dari satu jendela search, menghemat waktu dan usaha karena harus menyaring konten yang luas untuk mencari informasi yang diinginkan.
A.       Kelebihan  :
1.      Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
2.      Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
3.      Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar- gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
4.      Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
5.      Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.
6.      Loading lebih cepat dari versi sebelumnya.
7.      Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru.
8.      Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasainya.
9.      Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.
10.  Terdapat smartart, yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.
11.  Terdapat ‘quick acces toolbar’.
12.  Saat menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
13.  Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.
14.  Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas.
15.  Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.
16.  Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
17.  Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
18.  Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.
19.  Template yang digunakan sudah mulai beragam.
20.  Tampilan lebih menarik.
21.  Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki.
22.  Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus.
23.  Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).
24.  Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.
25.  Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto).
26.  Dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
B.      Kelemahan:
1.      Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
2.      Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
3.      Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
4.      Installer yang lebih besar.
5.      Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
6.      Minimal OS Windows XP dengan SP2.
7.      Sedikit lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
8.      File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
9.      Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
10.  Tab konstektual dan style gellery agak mengganggu.
11.  Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user.

Salah satu kelebihan Microsoft Word adalah adanya satu fasilitas yang bernama macro. Fasilitas ini mempunyai fleksibilitas dimana user dapat membentuk dan mengarahkannya untuk berbagai macam kepentingan dalam koridor otomatisasi. Dari yang sederhana sampai yang mampu berreplikasi seperti virus macro.
Macro merupakan kumpulan perintah – perintah dalam Word yang dirangkai menjadi satu perintah.Sehingga pekerjaan yang berulang – ulang dapat dilakukan secara otomatis dan mudah. Hal ini akan sangat menguntungkan ketimbang melakukan perintah – perintah secara satu per satu dan berulang – ulang. Contoh yang sederhana misalnya pembaca sering menuliskan suatu kata atau kalimat yang sama secara terus – menerus, maka yang semacam ini dapat dibuatkan macronya sehingga pekerjaan mengetik menjadi lebih cepat dan mudah serta tidak membuang – buang waktu.
Makro merupakan salah satu dari fungsi Microsoft Word. Dalam penggunaannya kita dapat menggunakan fungsi makro sebagai salah satu cara untuk mempermudah pengerjaan, contohnya pada:
1.      Pembuatan daftar isi,
2.      Fungsi terbilang (menterjemahkan angka kedalam kata-kata),
3.      Pengulangan kata atau kalimat,
4.      Pembuatan Msg Box.

           


            Dalam menjalankan fungsi Makros ada dua bagian dalam mejalankan fungsi makro yaitu dengan menggunakan Makro Recorder atau menggunakan Editor Visual Basic.
A.    Makro Recorder
Dengan menggunakan fungsi makro recorder salah atu pemanfaatannya dapat digunakan utuk pengulangan kata atau kalimat sehingga dapat memudahkan pengguna Microsoft Word.  Langkah-langkah menjalankan Makro Recorder adalah sebagai berikut:
1.      Jalankan program Microsoft Word
2.      Setelah tampilan muncul, klik menu View > Makros


3.      Pilih sub menu Record Makro, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini

4.      Pilih Store makro, pada kotak Store macro in, dapat menentukan dokumen yang akan  digunakan untuk menyimpan macro. Bila memilih Normal.dot, berarti macro akan disimpan di file Normal.dot dan akan tetap ada setiap kali akan menjalankan Word. Bila memilih yang kedua yaitu pada dokumen yang sedang dibuat, maka macro hanya akan ada pada dokumen tersebut. Bila membuka dokumen yang lain atau membuat dokumen yang baru, maka macro yang akan dibuat ini tidak akan ada.
5.      Klik OK, jika telah menekan pilihan Ok maka pointer mouse yang berubah menjadi gambar panah dengan gambar kaset.
6.      Sebagai contok tuliskan pada lembar kerja kalimat atau kata apa yang akan dipakai berulang. Kemudian pilih kembali menuView > Makros > Stop Recording untuk mengakhiri proses pembuatan makro.

 
7.      Untuk menjalankan macro yang telah di buat, pilih menu View > Makros > View macros sehingga pembaca akan dihadapkan pada kotak dialog Macros seperti gambar di bawah ini


8.      Kemudian klik Run untuk mengulang kata yang diiginkan. Sehingga hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini
9.      Dalam pengerjaannya kata atau kalimat yang ingin diulang dapat diedit terlebih dahulu saat pointer mouse berubah menjadi gambar panah dengan gambar kaset, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


B.     Editor Visual Basic
Dalam penggunaan fungsi Edit Visual Basic salah satu penggunaannya dapat digunakan sebagai pemberi peringatan atau pemberitahuan yang sering disebut juga “MsgBox”. Langkah-langkah menjalankan Editor Visual Basic adalah sebagai berikut:
1.      Jalankan program Microsoft Word.
2.      Setelah tampilan muncul, klik menu View > Makros > View Makros.


C.      
3.      Maka akan muncul kotak seperti gambar dibawah ini. Pada kotak dialog Macros yang tampil, ketikkan “nama file yang akan anda buat” di kotak Macro name dan tekan tombol Create.

4.      Pada langkah ini ditampilkan lembar kerja Editor Visual Basic seperti gambar dibawah ini.


5.      Dalam pembuatan MsgBox sebelumnya harus mengetahui format MsgBox terlebih dahulu agar memudahkan dalam pembuatannya. Format MsgBox adalah
                        Prompt,VbMsgBoxStyle,Title
Keterangan :
Prompt: Pesan yang mau ditampilan, berisi character string. Contoh “Belajar Macro Office Pertama” (Dalam Visual Basic untuk menampilkan string harus diapit tanda petik 2)
Title: Caption yang ditampilkan pada jendela pesan
VbMsgBoxStyle: Jenis tombol, icon dan default tombol yang ingin ditampilkan.
6.      Kemudian ketik pemberitahuan yang kita inginkan. Sebagai contoh “Selamat Datang di Microsoft Word” yang merupakan “Informasi”, seperti gambar dibawah ini.


7.      Kemudian simpan file untuk dapat menjalankan fungsi MsgBox. Pilih menu File > Simpan Normal atau dengan menggunakan fungsi keyboard Ctrl + S. Terakhir tutup jendela Microsoft Visual Basic.


8.      Untuk menjalankan Editor Visual Basic, pilih kembali menu View > Makros > View Makros dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik Run pada kotak untuk membuka file yang akan ditampilkan.



9.      Jika langkah yang dilakukan benar maka akan memunculkan peringatan atau pemberitahuan seperti gambar dibawah ini pada lembar kerja Microsoft Word.

10.  MsgBox dapat diatur sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan sehingga memudahkan pemakainnya.





            A. Record Makro
           
            B. Editor Visual Basic
                          
BAB V            PENUTUP
5.1       Kesimpulan
Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sering digunakan para penggunanya dalam membantu mempermudah penyelesaian kerja dalam pengolahan kata. Dalam melakukan pengerjaannya Microsoft Word memiliki berbagai fungsi icon yang dapat memudahkan penggunannya dalam melakukan pekerjaannya. Dengan mengetahui fungsi-fungsi dari icon yang tersedia dalam Microsoft Word dapat mempercepat proses pengerjaannya. Seperti halnya fungsi icon Makro yang dapat memudahkan penggunanya dalam pengulangan kata ataupun sebagai pemberi peringatan atau pemberitahuan yang telah kita atur sebelumnya.   
Dengan memanfaatkan fungsi yang ada pada Microsoft Word seperti fungsi Makros bagi pengguna yang dalam penulisan lembar kerjanya terdapat beberapa kata atau kalimat yang sama dapat memanfaatkan fungsi  Record Makro sebagai langkah mempermudah pekerjaan serta dapat menghemat waktu sehingga waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan lebih cepat. Selain fungsi Record Makro terdapat juga fungsi View Makro dimana salah satu kegunaannya sebagai pemberi peringatan atau pemberitahu yang dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan dan bahkan pengaturannya sesuai dengan yang kita inginkan.  


http://hikarachisoftware.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-add-in-terbilang-untuk_9.html, Selasa, 18 Matet 2014, 17:21 WIB
http://jackarianeperboy.blogspot.com/, Sabtu, 22 Maret 2014, 12:33 WIB
-lengkap.html, Sabtu, 22 Maret 2014, 12:40 WIBhttp://ame81.blogspot.com/2010/01/kelebihan-dan-kekurangan-microsoft-word.html, Sabtu, 22 Maret 2014, 12:44 WIB











  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "laporan komputer MS.word"

Posting Komentar